PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN PEMULA BERBASIS TEKNOLOGI (PPBT) DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED VIEW (RBV) (STUDI KASUS: FUTURA ENERGI NUSANTARA)

S, VIRDA HERSY L (2017) PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN PEMULA BERBASIS TEKNOLOGI (PPBT) DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED VIEW (RBV) (STUDI KASUS: FUTURA ENERGI NUSANTARA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (238Kb)

    Abstract

    Agar dapat bertahan hidup setelah lulus dari balai inkubator, sebuah start-up harus dapat mengembangkan bisnisnya. Hanya perusahaan yang benar-benar mempersiapkan diri dengan baik yang akan dapat bertahan, bahkan mampu memenangkan persaingan. Ketatnya persaingan bisnis ini berlaku pada semua bidang usaha produk maupun jasa. Artikel ini mendiskusikan tentang pengembangan bisnis untuk Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) luaran balai inkubator. Pengembangan bisnis dilakukan dengan metode benchmarking dengan PPBT yang telah lulus dari pusat inkubator teknologi. Benchmarking dilakukan dengan pendekatan Resource-Based View (RBV) yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengidentifikasi sumber daya, kapabiltas, dan keunggulan bersaing perusahaan. Kemudian data yang diperoleh dianalsis menggunakan analisis radar chart, analisis gap, dan analisis resources, capabilities, dan core competencies perusahaan. Berdasarkan analisis radar chart diketahui bahwa Futura Energi Nusantara mempunyai kelemahan pada sumber daya finansial, sumber daya manusia, sumber daya organisasional, reputasi, infrastruktur perusahaan, aktivitas procurement, aktivitas pelayanan, aktivitas pemasaran dan penjualan, dan aktivitas logistik keluar. Sedangkan berdasarkan analisis gap diketahui bahwa ada beberapa kesenjangan bagi Futura Energi Nusantara untuk menjadi sebuah PPBT, adapun gap yang bernilai besar yaitu sumber modal dan reputasi dengan konsumen mempunyai nilai gap sebesar 3,00, pola pelaksanaan, pola pengawasan, reputasi dengan pemasok mempunyai nilai gap sebesar 2,00. Kemudian dari analisis resources, capabilities, dan core cempetencies dapat diketahui bahwa Futura Energi Nusantara mempunyai kompetensi inti yaitu menjadi perusahaan baterai lithium LiFePO4 berbasis nanoteknologi yang unggul dalam kualitas. Kata kunci: Analisis Gap, Analisis Radar Chart, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Resource-Based View xiv + 155 halaman ; 14 gambar; 44 tabel Daftar Pustaka: 57 (1984-2016)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 31 Mar 2017 14:53
    Last Modified: 31 Mar 2017 14:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32963

    Actions (login required)

    View Item