Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VIID SMP N 4 Sragen Semester II Tahun Ajaran 2014/2015

SRIYONO, SRIYONO (2017) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VIID SMP N 4 Sragen Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    Sriyono. S861402042 (2016) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hu,. Pembimbing II : Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Metode tutor sebaya merupakan metode yang dilakukan dengan cara memperdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi atau latihan kepada teman-temannya yang belum paham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil jawaban angket keaktifan yang diberikan kepada siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata sebesar 62,35 dan ketuntasan klasikal 41,18%, siklus II jumlah skor rata-rata sebesar 64,74 dan ketuntasan klasikal 73,53%, dan siklus III jumlah skor rata-rata sebesar 66,91 dan ketuntasan klasikal 94,12%. Sedangkan hasil belajar siswa hasil post test, siklus I rata-rata sebesar 67,94 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 41,18%, siklus II rata-rata sebesar 77,79 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 79,41%, siklus III rata-rata sebesar 80,00 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 100%. Penerapan metode tutor sebaya mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar karena siswa tidak merasa enggan untuk bertanya, adanya hubungan lebih akrab antara murid dan tutor, bersifat efisien dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab. Metode pembelajaran ini cocok untuk Kompetensi Dasar perkembangan Islam di Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen. Kata kunci: metode tutor sebaya, keaktifan siswa, hasil belajar IPS. Sriyono. S861402042 (2016). Improving the Activeness and Learning Outcomes on IPS Through Peer Tutor on The Seventh Grade D of SMP Negeri 4 Sragen Semester 2 2014/2015 Academic Year. Thesis. Supervisor I: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum. Supervisor II : Dr. Leo Agung S, M.Pd. History of Education Department, Post Graduate Program Sebelas Maret University Surakarta. ABSTRACT Peer tutoring method is a method performed by empowering ability of students who have a high absorption rate, these students teach or train his friends who have not mastered the material. This study aims to determine whether the application of merhods peers can enhance the activeness and results of IPS studies of the class VII D students of SMP Negeri 4 Sragen. This research is a classroom action research consisted 0f 3 cycles. With the stages: planning, execution, observation, and reflection. The subjects were 34 students of class VII D SMP Negeri 4 Sragen. Data collection technique used test, observation, documentation, questionnaire, and field notes. Data analysis technique used is qualitative descriptive analysis technique. The results showed, based on the answers of the activeness questionnaire given to students in the first cycle can be seen that the average total score was 62.35 and 41.18% for the classical completeness, Cycle II average total score was 64.74 and completeness classical reached 73.53%, and the average of total score of the third cycle was 66.91 and 94.12% for the classical completeness. While the results of student’ post-test results, the first cycle average score was 67.94 with achieving mastery 41.18%, the second cycle average score was 77.79 with achieving mastery 79.41%, the third got 80.00 with achieving completeness reached 100%. Implementation of peer tutoring methods were able to enhance the activeness and the learning outcomes because students do not feel reluctant to ask, more intimate relationship between student and tutor, efficient and can boost a sense of responsibility. This learning method is suitable for basic competency “Perkembangan Islam di Indonesia”. It can be concluded that the application of the method of peer tutoring can enhance the activity and results of IPS studies pf class VII D students in SMP Negeri 4 Sragen. . Keywords: Peer Tutoring Method, Student’ Activeness, IPS Student Result.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 31 Mar 2017 14:49
    Last Modified: 31 Mar 2017 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32962

    Actions (login required)

    View Item