NUGROHO , BAMBANG HADI (2017) LEVERAGE, NILAI PERUSAHAAN DAN STRATEGI BERSAING (Studi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (446Kb) |
Abstract
Penelitian ini menguji dampak leverage terhadap nilai perusahaan sesuai dengan teori keagenan Jensen dan Meckling (1976). Penelitian-penelitian sebelumnya menemukan bahwa pengaruh hutang terhadap nilai perusahaan tidak konsisten. Ketidakkonsistenan tersebut memotivasi untuk menyertakan faktor kontingensi pada hubungan antara leverage dengan nilai perusahaan. Strategi bersaing tipologi Porter (1980) disertakan dalam model sebagai variabel pemoderasi. Penelitian dilakukan pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan tahun amatan 2007-2013. Nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan price to earning. Longterm debt ratio digunakan sebagai pengukur leverage. Strategi bersaing diukur dengan dummy untuk kategori strategi keunggulan biaya, strategi diferensiasi, strategi terintegrasi, dan terperangkap di tengah. Moderated regression analysis (MRA) digunakan untuk menganalisis data panel yang diperoleh dari pangkalan data ORBIS. Penelitian ini menemukan bahwa leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Strategi bersaing yang memperkuat pengaruh leverage pada nilai perusahaan adalah strategi keunggulan biaya, strategi diferensiasi, dan strategi terintegrasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa teori keagenan Jensen dan Meckling (1976) masih tetap robust dan variabel strategi bersaing dapat memperkuat dampak leverage terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister |
Depositing User: | faizah sarah yasarah |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 14:00 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 14:00 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32955 |
Actions (login required)
View Item |