ANALISA PERILAKU KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI (Studi Kasus Analisa Perilaku Komunikasi Atasan Dan Bawahan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta)

RAHMAWATI, ANIS (2017) ANALISA PERILAKU KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI (Studi Kasus Analisa Perilaku Komunikasi Atasan Dan Bawahan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (396Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi adanya gap komunikasi antara atasan dan bawahan di Balai Besar pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS)Yogyakarta.Data ini didapat peneliti saat melakukan interview awal. Penelitian ini melihat bagaimana komunikasi yang terjadi antara atasan dan bawahan di BBPPKS Yogyakarta. Data berdasarkan pengamatan dan interview mendalam dengan responden yang merupakan pimpinan dan karyawan. Hasil temuan dianalisa dengan menggunakan pendekatan Uncertainty Reduction Theory/ TeoriMengurangi Ketidakpastian, dengan menggunakan empat indikator kerjasama dalam sebuah percakapan yakni kuantitas, kualitas, relevansi dan manner (Paul Grice). Hasil penelitan, gap komunikasi terjadi karena faktor internal dan eksternal masing masing individu. Faktor internal seperti karakter personal, perbedaan persepsi, keengganan berkomunikasi dan zona nyaman masing masing personal. Sedangkan faktor eksternal adalah perbedaan budaya dan kredibilitas lawan bicara. Dalam melihat kuantitas peneliti membagi komunikasi menjadi komunikasi formal dan informal. Komunikasi formal dilakukan secara berkala maupun insidental, sedangkan komunikasi informal lebih bersifat insidential dan fleksibel. Dari sisi kualitas, komunikasi antara atasan dan bawahan dilihat berdasarkan isi dan pengemasan pesan. Relevansi dianalisa dengan melihat hubungan antara topik pembicaraan dengan masalah pekerjaan. Manner dianalisa dengan melihat komunikasi verbal dan non verbal yang dipakai masing masing individu saat komunikasi atau percakapan berlangsung.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2017 13:58
    Last Modified: 31 Mar 2017 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32954

    Actions (login required)

    View Item