ANALISIS PERHITUNGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF DASAR PENETAPAN TARIF PELAYANAN RAWAT INAP PADA BLUD RSUD KOTA KUPANG

KALPOKA, ADITYA YUSTA (2017) ANALISIS PERHITUNGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF DASAR PENETAPAN TARIF PELAYANAN RAWAT INAP PADA BLUD RSUD KOTA KUPANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang penghitungan tarif rawat inap Rumah Sakit dengan metode Activity Based Costing. Penghitungan tarif ini akan menjadi bahan perbandingan dengan tarif yang berlaku saat ini. Tarif rawat inap yang berlaku selama ini masih menggunakan metode tradisional dan belum memiliki dasar perhitungan yang jelas. Objek penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kupang. Data yang akan digunakan adalah data tahun 2015. Perhitungan Activity Based Costing pada Pelayanan Rawat Inap Umum RSUD Kota Kupang dimulai dari menghitung biaya-biaya pada tiap aktivitas yang sudah diidentifikasi dalam pelayanan rawat inap umum, membebankan biaya aktivitas berdasarkan pemicu biaya, dan menghitung unit cost pelayanan rawat inap umum. Hasil analisis ini akan menunjukkan keakuratan tarif rawat inap yang berlaku sekarang. Hasil penelitian ini juga mampu menjelaskan apakah tarif rawat inap yang berlaku sekarang mampu menutupi seluruh realisasi biaya yang dikeluarkan rumah sakit untuk menjalankan aktivitas pelayanan kesehatannya. Kata Kunci: Activity Based Costing, Tarif Rawat Inap, RSUD Kota Kupang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2017 13:47
    Last Modified: 31 Mar 2017 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32950

    Actions (login required)

    View Item