ANALISIS STRUKTURAL GENETIK NOVEL DE WINST KARYA AFIFAH AFRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR ALTERNATIF BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

WIDODO, JOKO (2010) ANALISIS STRUKTURAL GENETIK NOVEL DE WINST KARYA AFIFAH AFRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR ALTERNATIF BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (709Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterjalinan antarunsur intrinsik dalam novel De Winst; (2) pandangan dunia pengarang yang tercermin dalam novel De Winst; (3) struktur sosial novel De Winst; (4) relevansi isi Novel De Winstsebagai materi ajar alternatif Bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan strukturalisme genetik. Metode yang digunakan adalah metode dialektik dari strukturalisme Lucien Goldmann. Sumber data adalah novel De Winst karya Afifah Afra, hasil wawancara dengan pengarang, wawancara dengan budayawan Keraton Kasunanan Surakarta, buku sejarah Indonesia Abad Ke-20, buku sejarah Munculnya Elite Modern, buku paket Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMU kelas I, dan artikel-artikel dari internet. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada keterjalinan antarunsur intrinsik dalam novel De Winst, (2) pandangan dunia Afifah Afra dalam novel De Winstadalah pandangan humanisme sosial yang membawahi pandangan religius, pandangan politik, pandagan jender, pandangan ekonomi, dan pandangan sosial, (3) Struktur sosial atau fakta sosial yang ada di novel De Winst terdapat kesamaan atau homologi dengan struktur atau fakta sosial yang ada di masyarakat nyata, yaitu budaya keraton, dan (4) Novel De Winst dapat dijadikan materi ajar alternatif pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Hal tersebut didasarkan pada aspek kelayakan novel De Winst sebagai materi ajar, kelayakan tersebut didasarkan pada syarat bahan atau materi pelajaran, yaitu bahan atau materi pelajaran merupakan isi pengajaran yang mengandung nilainilai, informasi, fakta, dan pengetahuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 20:08
    Last Modified: 13 Jul 2013 20:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3295

    Actions (login required)

    View Item