Pengaruh Kemandirian Daerah, Dana Perimbangan, dan Karakteristik Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening

K, F.X. Riza Febri (2017) Pengaruh Kemandirian Daerah, Dana Perimbangan, dan Karakteristik Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (816Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris adanya pengaruh kemandirian daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dana bagi hasil, ukuran daerah, dan status daerah terhadap pertumbuhan ekonomi melalui alokasi belanja modal pada pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan aplikasi SPSS 23. Objek dari penelitian ini adalah kabupaten dan kota di Indonesia selama periode 2010-2014. Besarnya pengungkapan variabel independen terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 41,5%, sedangkan sisinya sebesar 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama kemandirian daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dana bagi hasil, ukuran daerah, dan alokasi belanja modal berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara parsial, kemandirian daerah, dana alokasi umum, dana bagi hasil, dan alokasi belanja modal yang berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan rata-rata pertumbuhan ekonomi antara pemerintah kabupaten dan pemerintah kota.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 31 Mar 2017 13:12
    Last Modified: 31 Mar 2017 13:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32936

    Actions (login required)

    View Item