Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Ditinjau dari Penguasaan Kalimat Efektif dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Manggarai T.A 2016/2017)

WARUNG, YUVANTINUS E. (2017) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Ditinjau dari Penguasaan Kalimat Efektif dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Manggarai T.A 2016/2017). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (110Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis teks eksposisi; 2) ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap bahasa Indonesia dan keterampilan menulis teks eksposisi; dan 3) ada tidaknya hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan sikap terhadap bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan studi korelasional. Sampel terdiri atas 130 siswa di Kabupaten Manggarai yang diambil dari tiga sekolah, yaitu: SMA Negeri 1 Langke Rembong, SMA Negeri 2 Langke Rembong, dan SMA Negeri 1 Ruteng-Anam. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan berganda). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) teknik tes praktik menulis teks eksposisi; (2) pengumpulan data penguasaan kalimat efektif menggunakan teknik tes menjawab pertanyaan objektif; (3) teknik angket untuk sikap terhadap bahasa Indonesia. Variabel tes menulis teks ekposisi divalidasi dengan validasi isi dan validitas konstruk. Reliabilitasnya menggunakan reliabilitas rating atau interater reliability. Validitas tes penguasaaan kalimat efektif menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Validitas tes sikap terhadap bahasa Indonesia menggunakan validitas korelasi product moment dan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas alpha cronbach. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil uji signifikansi sebesar 4.37, hasil korelasi sebesar 0.36, dan hasil kontribusi sebesar 12.96%, 2) ada hubungan positif yang signifikan antara sikap terhadap bahasa Indonesia dan keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil uji signifikansi sebesar 1.66, hasil korelasi sebesar 0.045 dan hasil kontribusi sebesar 0.2%, dan 3) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan sikap terhadap bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil uji signifikansi sebesar 9.63, hasil korelasi sebesar 0.36, dan hasil kontribusi sebesar 12.96%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kalimat efektif menjadi prediktor yang baik untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Kata Kunci: keterampilan menulis teks eksposisi, penguasaan kalimat efektif, sikap terhadap bahasa Indonesia.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 31 Mar 2017 11:00
    Last Modified: 31 Mar 2017 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32933

    Actions (login required)

    View Item