Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Pendekatan Kontekstual dan Penggunaan Media Audio Visual "Video Sentilan Sentilun" (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta)

WARDANI, INDRI KUSUMA (2017) Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Pendekatan Kontekstual dan Penggunaan Media Audio Visual "Video Sentilan Sentilun" (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Indri Kusuma Wardani. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Pendekatan Kontekstual dan Penggunaan Media Audio Visual “Video Sentilan Sentilun” (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta). Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa tingkat tinggi karena harus menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tertulis supaya pembaca memahami pesan yang terkandung. Meskipun rumit, keterampilan menulis sangat dibutuhkan para siswa untuk menghadapi kehidupan nyata dan menghadapi tantangan global. Kurikulum 2013 hadir dengan menjunjung tinggi budaya literasi, salah satunya menonjolkan keterampilan menulis siswa. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 berbasis teks. Teks anekdot merupakan materi baru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta mengalami permasalahan dalam pembelajaran menulis teks anekdot, baik dari sisi motivasi belajar siswa maupun keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar dalam menulis teks anekdot kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta melalui penerapan pendekatan kontekstual dan penggunaan media audio visual “video Sentilan Sentilun”; (2) keterampilan menulis teks anekdot kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta melalui penerapan pendekatan kontekstual dan penggunaan media audio visual “video Sentilan Sentilun”. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta pada bulan Agustus hingga Desember 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta, sedangkan subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Surakarta, yakni Ibu Yustina, S.Pd. dan siswa kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta. Sumber data penelitian ini meliputi peristiwa kegiatan belajar mengajar menulis teks anekdot; informan yang terdiri dari informan kunci, yakni Ibu Yustina Dwinuryati, S.Pd. dan informan pendukung, yakni beberapa siswa kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta; dokumen perangkat pembelajaran serta hasil tulisan teks anekdot siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dalam penelitian ini peneliti berpartisipasi pasif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Tenik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method) seperti yang dikemukakan oleh Glaser & Strauss dengan tahap analisis meliputi reduksi data, katagorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan penyusunan hipotesis kerja. Untuk data kuantitatif, peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan kontekstual dan penggunaan media audio visual “video Sentilan Sentilun” pada siswa kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks anekdot secara signifikan. Motivasi belajar yang dilihat dari lima indikator, yakni ketekunan, keuletan, prestasi, minat, dan kemandirian mengalami peningkatan. Tingkat ketekunan pada tahap prasiklus sebesar 49,27%, kemudian meningkat pada Siklus 1 sebesar 50,71%, dan meningkat lagi pada Siklus 2 menjadi 84,05%. Aspek keuletan dari awalnya 42,02% meningkat menjadi 55,07% pada Siklus 1 dan menjadi 78,26% pada Siklus 2. Aspek minat pada tahap prasiklus sebesar 39,13% meningkat pada Siklus 1 menjadi 53,26%, meningkat lagi pada Siklus 2 menjadi 79,71%. Aspek prestasi siswa juga meningkat, dari awalnya hanya 34,78% meningkat menjadi 56,52% dan pada Siklus 2 mencapai 75,36%. Aspek kemandirian belajar dari awalnya hanya sebesar 39,13%, meningkat pada Siklus 1 menjadi 42,02%, dan pada Siklus 2 mencapai 75,36%. Di sisi lain, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X IS 2 SMA Negeri 1 Surakarta juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahap prasiklus, rata-rata kelas 73,42 dengan persentase ketuntasan 56,53%; pada tahap Siklus 1, rata-rata kelas 78,07 dengan persentase ketuntasan 73,9%; pada tahap Siklus 2, rata-rata kelas 87,6 dengan persentase ketuntasan 100%. Kata Kunci: pendekatan kontekstual, media video Sentilan Sentilun, motivasi belajar, keterampilan menulis, teks anekdot.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 31 Mar 2017 10:54
    Last Modified: 31 Mar 2017 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32932

    Actions (login required)

    View Item