PENGARUH PENGGUNAAN FILLER 〖CaCO〗_3 DAN 〖BaSO〗_4 TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN SIFAT TRIBOLOGI KOMPOSIT KAMPAS REM BERPENGUAT SERAT CANTULA

BASUKI, DIDIK (2017) PENGARUH PENGGUNAAN FILLER 〖CaCO〗_3 DAN 〖BaSO〗_4 TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN SIFAT TRIBOLOGI KOMPOSIT KAMPAS REM BERPENGUAT SERAT CANTULA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (276Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan filler CaCO_3 dan filler BaSO_4 terhadap sifat mekanik dan sifat tribologi. Pembuatan komposit dilakukan dengan menggunakan alat hot press dengan temperatur 160ºC. Komposit kampas rem diuji dengan pengujian bending dan pengujian keausan sesuai dengan ASTM D790 dan G99. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan filler CaCO_3 menghasilkan kekuatan lentur dan nilai koefisien gesek yang lebih tinggi, sedangkan penggunaan filler BaSO_4 meningkatkan ketahanan aus pada komposit kampas rem dengan laju keausan yang lebih rendah. Kekuatan lentur dan nilai koefisien gesek tertinggi dihasilkan oleh spesimen menggunakan filler CaCO_3 sebesar 46,029 MPa dan 0,36. Laju keausan terendah dihasilkan oleh spesimen menggunakan filler BaSO_4 sebesar 0,7 x10ˉ⁸ mm²/N.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 30 Mar 2017 18:30
    Last Modified: 30 Mar 2017 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32912

    Actions (login required)

    View Item