ANALISIS NILAI TAMBAH DAN DESAIN METRIK PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK TEBU (KASUS DI PABRIK GULA MOJO KABUPATEN SRAGEN)

Utami, Dian (2017) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN DESAIN METRIK PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK TEBU (KASUS DI PABRIK GULA MOJO KABUPATEN SRAGEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (314Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi rantai pasok tebu, nilai tambah anggota rantai pasok dan desain metrik pengukuran kinerja rantai pasok. Penelitian ini dilaksanakan di Pabrik Gula Mojo, Sragen. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Metode penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling untuk petani mitra tebu sebesar 40 responden, metode purposive sampling untuk penentuan para pakar rantai pasok tebu di Pabrik Gula Mojo sebesar 3 responden dan metode sensus untuk penentuan ritel sebesar 33 responden. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan opini pakar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis nilai tambah menggunakan Metode Hayami dan desain metrik pengukuran kinerja rantai pasok tebu menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi rantai pasok tebu di Pabrik Gula Mojo memiliki performa yang belum optimal. Analisis nilai tambah menunjukkan proporsi nilai tambah yang diperoleh petani sebesar 2,13 %, Pabrik Gula Mojo sebesar 49,12% dan ritel sebesar 48,75%. Hasil dari desain metrik pengukuran kinerja rantai pasok diketahui faktor penentu kinerja rantai pasok pada Sustainable Supply Chain Management pada klaster dimensi yaitu ekonomi (0,383), klaster aktor yaitu perusahaan (0,384) dan klaster indikator kinerja adalah kualitas (0,201). Hal ini disebabkan karena kualitas mampu menentukan harga lelang gula dan memenuhi kepuasan konsumen yang menjadi tanggungjawab perusahaan untuk memproduksi gula dengan kualitas baik sehingga mendapatkan keuntungan ekonomi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 30 Mar 2017 18:04
    Last Modified: 30 Mar 2017 18:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32911

    Actions (login required)

    View Item