PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PONCO WATI, DEWI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (451Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi termokimia melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS kelas XI IPA di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dan (2) meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi termokimia melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS kelas XI IPA di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar (aspek kognitif dan aspek afektif) dan interaksi sosial siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, observasi, dan wawancara, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa pada materi termokimia. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek kognitif dan aspek afektif. Aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Aspek afektif mencapai 100% pada siklus I dan tidak dilanjutkan pada siklus II. Interaksi sosial siswa pada pra-tindakan sebesar 55% meningkat menjadi 75% pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, dan (2) penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, STAD, LKS, Interaksi Sosial Siswa, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 30 Mar 2017 17:59
    Last Modified: 30 Mar 2017 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32910

    Actions (login required)

    View Item