VALUASI EKONOMI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BENTENG VAN DEN BOSCH DI NGAWI ( Dengan Menggunakan Pendekatan Travel Cost Method )

DUTA P, NUGRAHANY (2017) VALUASI EKONOMI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BENTENG VAN DEN BOSCH DI NGAWI ( Dengan Menggunakan Pendekatan Travel Cost Method ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (868Kb)

    Abstract

    NUGRAHANY DUTA PRAWOTO, 2016, Valuasi Ekonomi Pengembangan Objek Wisata Benteng Van den Bosch di Ngawi Dengan Menggunakan Pendekatan Travel Cost Method. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Pemberian nilai terhadap lingkungan (valuasi) Obyek Wisata Benteng Van Den Bosch dilakukan dengan menggunakan pendekatan Travel Cost Method (TCM). Indikator-indikator yang digunakan antara lain biaya perjalanan, pendapatan, pendidikan, umur dan jarak terhadap tingkat kunjungan wisata pada Objek Wisata Benteng Van den Bosch. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif. Statistik deskriptif merupakan metode penelitian dengan sistematika yang diawali dengan mengumpulkan data, mengklarifikasi data, menganalisa data, dan menginterpresentasikannya, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai nilai ekonomi Objek Wisata Benteng Van den Bosch. Kuesinoer disebar terhadap 100 responden pada beberapa hari kerja dan akhir pekan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel umur dan pendidikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kunjungan penduduk Obyek Wisata Benteng Van den Bosch. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat memberikan saran bahwa permintaan kunjungan Obyek Wisata Benteng Van den Bosch dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti biaya perjalanan, pendapatan dan jarak. Sehingga faktor-faktor yang telah diteliti dapat menjadi tolak ukur bagi pengelola obyek wisata dalam membuat kebijakan yang akan dilakukan sebagai upaya meningkatkan jumlah permintaan kunjungan wisata ke Obyek Wisata Benteng Van den Bosch. Kata kunci: biaya perjalanan, pendapatan dan jarak

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 30 Mar 2017 16:59
    Last Modified: 30 Mar 2017 16:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32896

    Actions (login required)

    View Item