PENGARUH PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TENTANG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SITUASI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GEMOLONG

KUSTANTI, NINDI PRADIPTA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TENTANG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SITUASI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GEMOLONG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (795Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nindi. 2016. PENGARUH PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TENTANG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SITUASI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U, II: Dr. Peduk Rintayati, M.Pd. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Minat Utama Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa tentang mitigasi bencana gempa bumi; (2) pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap kemampuan analisis siswa tentang mitigasi bencana gempa bumi; (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan analisis situasi tentang mitigasi bencana gempa bumi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gemolong Sragen Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu dengan memecah kelas menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen factorial 2 x 2. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah Tes Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Angket Kemampuan Awal tentang Gempa Bumi. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada efek utama A (Model Pembelajaran), nilai probabillitas (sig.) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara penerapan model pembelajaran jigsaw dan PBL terhadap kemampuan analisis siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gemolong; 2) Pada efek B (Kemampuan awal), nilai probabillitas (sig.) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dan kemampuan awal tinggi terhadap kemampuan analisis siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gemolong; 3) Pada interaksi efek AB (model pembelajaran dan kemampuan awal siswa), nilai probabillitas (sig.) = 0,032 < 0,05 maka Ho ditolak. Berarti terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan analisis situasi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Gemolong. Kata Kunci: Kemampuan analisis situasi, Jigsaw, Problem Based Learning.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Lingkungan
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 30 Mar 2017 16:57
    Last Modified: 30 Mar 2017 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32895

    Actions (login required)

    View Item