UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MODUL PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X-2 SMA ISLAM AHMAD YANI BATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

QORINA, INDAH (2017) UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MODUL PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X-2 SMA ISLAM AHMAD YANI BATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (728Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan interaksi sosial siswa; dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang pada materi pokok stoikiometri dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) berbantuan modul dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi stoikiometri kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan persentase ketercapaian interaksi sosial siswa pada siklus I sebesar 77,27% menjadi 81,82% pada siklus II; dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 40,90% menjadi 72,73% pada siklus II dan prestasi belajar aspek afektif sebesar 81,82% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 30 Mar 2017 15:26
    Last Modified: 30 Mar 2017 15:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32891

    Actions (login required)

    View Item