Pengaruh Media Computer Assisted Instruction (CAI) Model Tutorial dan Media microsoft Office PowerPoint Terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Elastisitas bahan dan Hukum Hooke

PRIHATI, FITRIANA (2017) Pengaruh Media Computer Assisted Instruction (CAI) Model Tutorial dan Media microsoft Office PowerPoint Terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Elastisitas bahan dan Hukum Hooke. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (542Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fitriana Prihati. PENGARUH MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL TUTORIAL DAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN DAN HUKUM HOOKE. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidak adanya: (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan media CAI model tutorial dan media PowerPoint; (2) perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah; (3) interaksi antara pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Elastisitas Bahan dan Hukum Hooke Metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 digunakan dalam penelitian ini dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan dau kelas sebagai sampel yang masing-masing terdiri dari 32 siswa (kelas X-OA sebagai kelas ekperimen dan X-OD sebagai kelas kontrol). Tes kemampuan kognitif Fisika dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan isi sel tak sama dilanjutkan komparasi ganda menggunakan Uji Scheffe’ dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan media CAI model tutorial dan media PowerPoint (Fobs = 3,551 > Ftabel = F0.05;1;60 = 3,15). Penggunaan media CAI memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan kognitif Fisika. (2) ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah (Fobs = 10,428 > Ftabel = F0.05;1;60 = 3,15). Siswa dengan motivasi belajar kategori tinggi mempunyai nilai kemampuan kognitif lebih baik. (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa (Fobs = 0.1936 > Ftabel = F0.05;1;60 = 3,15). Media pembelajaran dan motivasi belajar mempunyai pengaruh sendiri-sendiri dan tidak berhubungan satu sama lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:13
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32874

    Actions (login required)

    View Item