Hubungan antara Motivasi Intrinsik dan Spiritualitas di Tempat Kerja dengan Komitmen Afektif pada Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri

MAGHFIROH, EVY (2017) Hubungan antara Motivasi Intrinsik dan Spiritualitas di Tempat Kerja dengan Komitmen Afektif pada Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (160Kb)

    Abstract

    Komitmen afektif adalah keterikatan emosional yang dirasakan oleh pegawai terhadap organisasinya yang mendorong munculnya sikap dan perilaku yang menunjukkan loyalitas dan identifikasi terhadap nilai-nilai organisasi, serta keterlibatan dalam proses dan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Beberapa faktor personal dan situasional berpotensi untuk mempengaruhi seberapa tinggi komitmen afektif. Faktor personal di antaranya adalah motivasi intrinsik. Faktor situasional di antaranya adalah spiritualitas di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi intrinsik dan spiritualitas di tempat kerja dengan komitmen afektif, hubungan antara motivasi intrinsik dengan komitmen afektif, dan hubungan spiritualitas di tempat kerja dengan komitmen afektif pada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri. Sampel penelitian ini adalah 60 pegawai, yang terdiri dari pegawai KUA Baturetno, Eromoko, Giritontro, Giriwoyo, Ngadirojo, Nguntoronadi, Paranggupito, Pracimantoro, Wonogiri, dan Wuryantoro, yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala komitmen afektif, skala motivasi intrinsik, dan skala spiritualitas di tempat kerja. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan spiritualitas di tempat kerja dengan komitmen afektif (F=12,935, p=0,000; p<0,05), (R=0,559 dan R2=0,312 atau 31,2%). Sumbangan efektif motivasi intrinsik sebesar 9,6%, sedangkan sumbangan efektif spiritualitas di tempat kerja sebesar 21,6%. Secara parsial, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik dengan komitmen afektif (rx1y=0,234, p=0,075; p>0,05), sementara terdapat hubungan yang signifikan antara spiritualitas di tempat kerja dengan komitmen afektif (rx2y=0,403, p=0,02; p<0,05). Kata kunci: Komitmen Afektif, Motivasi Intrinsik, Spiritualitas di Tempat Kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:02
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32870

    Actions (login required)

    View Item