Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017

Manora, Yupi Ayu (2017) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yupi Ayu Manora. K1312079. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, meningkatan motivasi belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS, danmengetahui dampak penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas VIII H SMPN 2 Mojolaban yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari hasil observasi, data motivasi belajar matematika yang diperoleh dari hasil angket, dan data prestasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah persentase siswa yang memiliki motivasi belajar matematika kategori tinggi lebih dari atau sama dengan 70%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII H SMPN 2 Mojolaban tahun ajaran 2016/2017. Hal ini didasarkan pada hasil yang diperoleh pasca tindakan dimana siswa yang memiliki motivasi kategori tinggi hanya 46,88%. Selanjutnya, setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembejaran ARIAS siswa yang memiliki motivasi kategori tinggi meningkat menjadi 59,38% pada siklus I dan meningkat menjadi 78,12% pada siklus II. Kemudian, dari hasil tespersentase ketuntasan prestasi siswa mengalami peningkatan menjadi 53,12% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Kata Kunci: ARIAS, motivasi belajar, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 30 Mar 2017 13:35
    Last Modified: 30 Mar 2017 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32864

    Actions (login required)

    View Item