Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kredibilitas Komunikator terhadap Efektivitas Pemeriksaan (Analisis Jalur Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kredibilitas Komunikator Auditor BPK RI terhadap Efektivitas Pemeriksaan pada Pemerintah Kota Denpasar)

RIANTO, NUGROHO AGUS (2017) Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kredibilitas Komunikator terhadap Efektivitas Pemeriksaan (Analisis Jalur Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kredibilitas Komunikator Auditor BPK RI terhadap Efektivitas Pemeriksaan pada Pemerintah Kota Denpasar). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KREDIBILTAS KOMUNIKATOR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMERIKSAAN (Analisis Jalur Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kredibilitas Komunikator Auditor BPK RI terhadap Efektivitas Pemeriksaan pada Pemerintah Kota Denpasar). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Widodo Muktiyo, II: Drs. Y. Slamet, M.Sc., Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi), Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan Rekapitulasi Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali Tahun 2014 diketahui jumlah temuan pemeriksaan dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan. Berdasarkan data terakhir tahun 2014 terdapat 344 jumlah temuan dengan nilai Rp103.664.871.023,96. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat efektivitas pemeriksaan oleh BPK RI kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas pemeriksaan BPK RI dengan menggunakan variabel kompetensi komunikasi dan kredibilitas komunikator, dan komunikasi interpersonal sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai Pemerintah Kota Denpasar, baik pejabat maupun staff yang bekerja di bagian administrasi atau keuangan sebanyak 2.129 orang. Sedangkan sampel yang diambil adalah 100 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur yang diolah menggunakan SPSS 20. Berdasarkan penelitian diketahui kompetensi komunikasi tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap efektivitas pemeriksaan, namun kompetensi komunikasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap efektivitas komunikasi melalui komunikasi interpersonal. Kredibilitas komunikator berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap efektivitas pemeriksaan melalui komunikasi interpersonal. Selain itu, total pengaruh kompetensi komunikasi terhadap efektivitas pemeriksaan sebesar 0,627 yang berarti setiap kenaikan 1 satuan kompetensi komunikasi akan meningkatkan efektivitas pemeriksaan sebesar 0,627 satuan melalui komunikasi interpersonal. Sedangkan total pengaruh kredibilitas komunikator terhadap efektivitas pemeriksaan sebesar 0,851 yang berarti setiap kenaikan 1 satuan kredibilitas komunikator akan meningkatkan efektivitas pemeriksaan sebesar 0,851 satuan melalui komunikasi interpersonal Kata kunci: kompetensi komunikasi, kredibilitas komunikator, komunikasi interpersonal, efektivitas pemeriksaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 30 Mar 2017 13:23
    Last Modified: 30 Mar 2017 13:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32854

    Actions (login required)

    View Item