PENINGKATAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS XI MIA 4 SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

P, NOVIANA IKA (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS XI MIA 4 SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (938Kb)

    Abstract

    Noviana Ika Puspitasari. K4311047. PENINGKATAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS XI MIA 4 SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, januari 2017 Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan kerjasama peserta didik melalui penerapan model Group Investigation (GI) di kelas XI MIA 4 SMA N Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Group Investigation (GI) yang memiliki tahapan berupa pemilihan topik, perencanaan kooperatif, implementasi, analisis dan sintesis, mempresentasikan laporan akhir, serta evaluasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 4 SMA N Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian berupa keterampilan kerjasama peserta didik yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral. Target penelitian berupa peningkatan persentase setiap indikator keterampilan kerjasama peserta didik sebesar 30%. Penelitian yang dilakukan menghasilkan peningkatan pada indikator tujuan kelompok 55,56%, kepercayaan dan konflik 33,33%, reaksi terhaap perbedaan 29,63%, kepemimpinan 22,22%, kontrol dan prosedur 51,82%, penggunaan sumber daya 40,74%, komunikasi interpersonal 44,45%, mendengar 40,74%, alur komunikasi 37,04%, pemecahan masalah 33,33%, percobaan dan kreativitas 40,74%, evaluasi 29,63% Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang bervariasi pada setiap indikator keterampilan kerjasama peserta didik. Sehingga, penggunaan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama peserta didik di kelas XI MIA 4 SMA N Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: keterampilan kerjasama, Group Investigation (GI)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 30 Mar 2017 13:21
    Last Modified: 30 Mar 2017 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32853

    Actions (login required)

    View Item