Pembelajaran Sejarah yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Nasionalisme Kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali

L, NANDIA AGMARWATI (2017) Pembelajaran Sejarah yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Nasionalisme Kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (747Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nandia Agmarwati Lestari. K4412053. PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI NASIONALISME KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4) kendala dan solusi, mengenai: pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Subjek penelitian yakni guru sejarah dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen dan tempat-peristiwa. Validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran antara lain diawali dengan melakukan analisis KI dan KD, penyalinan silabus, serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dengan cara menyisipkan sejumlah kegiatan belajar yang terintegrasi nilai-nilai nasionalisme sesuai dengan kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme, sesuai hasil wawancara dengan guru sejarah kelas XI IPA dan IPS, analisis RPP, dan berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa pengintegrasian dilakukan melalui penyampaian fakta-fakta sejarah juga nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam materi sejarah, sebagai contoh pada materi pergerakan nasional banyak nilai yang dapat diintegrasikan seperti; rela berkorban, bela negara, kejujuran, religius, persamaan derajat, persatuan dan kesatuan, dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi disertai tanya jawab. Berdasarkan penelitian, beberapa siswa mampu mengambil nilai-nilai dari pahlawan dan hikmah dari peristiwa sejarah, (3) Evaluasi mengenai materi sejarah terintegrasi nilai-nilai nasionalisme sesuai dengan kurikulum 2013 yakni menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan, (4) Kendala guru sejarah dalam pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme yakni; tidak semua siswa tertarik dan aktif dalam pembelajaran sejarah, suasana pembelajaran yang kondusif tidak semua ditemui di kelas XI, dan guru sejarah yang hanya menggunakan metode ceramah dan media power point. solusi untuk kendala tersebut adalah dengan membimbing dan melakukan pendekatan individual serta manusiawi agar siswa terlibat aktif dalam kelas dan guru sejarah diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Kata kunci : nilai-nilai nasionalisme, proses pembelajaran sejarah, SMA N 1 Teras Boyolali

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 30 Mar 2017 13:16
    Last Modified: 30 Mar 2017 13:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32850

    Actions (login required)

    View Item