Pengaruh Model Quantum Learning Teknik Clustering terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas V SD Negeri sedabin II Sarang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2015/2016

Chusniyah, Atin (2017) Pengaruh Model Quantum Learning Teknik Clustering terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas V SD Negeri sedabin II Sarang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (164Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Atin Chusniyah. PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS V SD NEGERI SE-DABIN II SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan model quantum learning dengan teknik clustering terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Sarang Kabupaten Rembang tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri se-dabin II Sarang Kabupaten Rembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Sendangmulyo I dan kelas kontrol adalah kelas V SD Negeri Sendangmulyo II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model quantum learning teknik clustering terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Sarang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dengan nilai rerata pada kelas eksperimen 76,608. Sedangkan rerata kelas kontrol 69,687. Selain itu, hasil perhitungan dengan uji t diperoleh harga statistik thitung = 3,645 dengan daerah kritik DK = {t | t < -1,99 atau t > 1,99}, karena thitung = 3,645 € DK maka Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learning dengan teknik clustering terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Kata kunci : Quantum Learning, Teknik Clustering, Kemampuan Menulis Puisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 30 Mar 2017 10:48
    Last Modified: 30 Mar 2017 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32833

    Actions (login required)

    View Item