Hubungan Antara Self Esteem dan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

WICAKSONO, ARYO PANDU (2017) Hubungan Antara Self Esteem dan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (154Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar. Prestasi belajar dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah self esteem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan prestasi belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan metode total sampling didapatkan total 191 responden dari 239 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret angkatan 2015. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang diukur dengan menggunakan data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester 2 dan variabel bebas adalah self esteem yang diukur dengan menggunakan kuesioner Coopersmith Self Esteem Inventory (CSEI). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Rank Spearman. Hasil: Terdapat hubungan antara self esteem dengan prestasi belajar dengan nilai p=0,000 dan ρ=0,372. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara self esteem dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 30 Mar 2017 10:45
    Last Modified: 30 Mar 2017 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32832

    Actions (login required)

    View Item