IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA MELALUI SPORT SEARCH PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017

TAMTAMA, ANANDA PUTRA (2017) IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA MELALUI SPORT SEARCH PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (40Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ananda Putra Tamtama. IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA MELALUI SPORT SEARCH PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui potensi kebakatan olahraga kelas VII SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. (2) Mengetahui identifikasi bakat cabang olahraga siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta yang berjumlah 60 siswa, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa tes bakat yang terdiri dari 10 butir tes sport search, yaitu tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang lengan, lempar tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter dan lari multi tahap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program software Sport Search dan modifikasi Sport Search. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Potensi kebakatan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta kategori potensi olahraga 2 siswa atau 3,33%, cukup potensi olahraga 15 siswa atau 25,00% dan kurang potensi olahraga sebanyak 31 siswa atau 51,67%, tidak potensial olahraga sebanyak 12 siswa atau 20,00%. 2) Identifikasi bakat cabang olahraga siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta memiliki kategori potensi yang baik ada 2 (dua) cabang olahraga yaitu lari cepat 1 siswa (1,66%), dan cabang olahraga sepeda gunung 1 siswa (1,66%). Sedangkan siswa yang memiliki kategori cukup potensi ada 8 (delapan) cabang olahraga yaitu lompat tinggi 5 siswa (8,33%), lari cepat 3 siswa (5%), bola voli, sepeda gunung, menyelam, lari jarak menengah dan panahan masing-masing 1 siswa (5=8,3%), tenis meja 2 siswa (3,33%). Kata kunci: Identifikasi Bakat, Sport Search.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 30 Mar 2017 10:31
    Last Modified: 30 Mar 2017 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32829

    Actions (login required)

    View Item