Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, DBH Pajak, DAU, Jumlah Penduduk, dan Tipe Pemerintah Daerah Terhadap Alokasi Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota di Indonesia

PAMUNGKAS S, GANJAR (2017) Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, DBH Pajak, DAU, Jumlah Penduduk, dan Tipe Pemerintah Daerah Terhadap Alokasi Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (169Kb)

    Abstract

    ujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris adanya pengaruh pajak daerah, retribusi daerah, dana bagi hasil pajak, dana alokasi umum, jumlah penduduk, dan tipe pemerintah daerah terhadap alokasi belanja modal pada pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Penelitian menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 361 Kabupaten dan Kota di Indonesia selama lima tahun dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan aplikasi SPSS 16. Besarnya pengungkapan variabel independen terhadap alokasi belanja modal sebesar 29,6%, sedangkan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama pajak daerah, retribusi daerah, dana bagi hasil pajak, dana alokasi umum, jumlah penduduk, dan tipe pemerintah daerah berpengaruh terhadap alokasi belanja. Secara parsial, hanya pajak daerah dan dana bagi hasil pajak yang berpengaruh positif terhadap alokasi belanja modal, sedangkan retribusi daerah berpengaruh negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan rata-rata alokasi belanja modal antara pemerintah kabupaten dan pemerintah kota.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 30 Mar 2017 09:55
    Last Modified: 30 Mar 2017 09:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32824

    Actions (login required)

    View Item