Perancangan Ulang Kursi Roda Manual Berbasis Assistive Technology Untuk Meningkatkan Mobilitas Pengguna Menggunakan Metode Universal Design dan TRIZ

K, FEBRIANA (2017) Perancangan Ulang Kursi Roda Manual Berbasis Assistive Technology Untuk Meningkatkan Mobilitas Pengguna Menggunakan Metode Universal Design dan TRIZ. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Mobilitas merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat bergerak secara bebas, mudah, dan teratur untuk memenuhi kebutuhan aktivitas dalam rangka mempertahankan kesehatannya. Jika individu mengalami keterbatasan beraktivitas, maka mereka memerlukan alat bantu, salah satunya adalah kursi roda bagi individu yang mengalami keterbatasan berjalan. Kursi roda yang umumnya digunakan di Indonesia adalah kursi roda manual. Dalam mengoperasikannya, pengguna masih mengalami hambatan mobilitas. Sehingga pengujian center of gravity dilakukan untuk melihat pengaruh jarak COG terhadap mobilitas pengguna. Karena terdapat perbedaan yang tidak signifikan, maka upaya peningkatan mobilitas pengguna dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi pada kursi roda manual. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menerapkan assistive technology pada perancangan ulang kursi roda manual sehingga dapat meningkatkan mobilitas pengguna. Selanjutnya identifikasi kebutuhan dilakukan dengan kuesioner berdasarkan prinsip utama pada Universal Design, dan diperoleh hasil bahwa penilaian terendah menurut pengguna adalah low physical effort. Ada kontradiksi antara low physical effort dengan peningkatan mobilitas berupa peningkatan kecepatan gerak kursi roda. Sehingga untuk menentukan kebutuhan teknis dilakukan dengan metode TRIZ. Interpretasi solusi yang dihasilkan pada tahapan ini adalah dengan mengganti hub yang ada dengan internal gear hub multispeed. Penggantian hub tersebut mempengaruhi perancangan ulang pada elemen roda dan handrim. Pengguna kursi roda yang terlibat dalam perancangan merasa optimis bahwa hasil rancangan dapat memudahkan aktivitas pengguna, karena terdapat elemen pengatur kecepatan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna baik di jalan datar maupun jalan menanjak. Peningkatan persepsi penilaian pengguna terhadap kursi roda multispeed sebesar 6,63%. Dibandingkan dengan kursi roda sebelum perancangan, kursi roda multispeed dapat meningkatkan kecepatan gerak sebesar 33,06% dan menurunkan usaha untuk menggerakkan kursi roda sebesar 47,41%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 30 Mar 2017 09:23
    Last Modified: 30 Mar 2017 09:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32821

    Actions (login required)

    View Item