STUDI KINERJA DAN PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN MINIBUS PO. DADI AGUNG (Studi Kasus Minibus Rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas)

PRATAMA, AGRI ALAN (2017) STUDI KINERJA DAN PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN MINIBUS PO. DADI AGUNG (Studi Kasus Minibus Rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agri Alan Pratama 2016. STUDI KINERJA DAN PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN ANGKUTAN PEDESAAN (Studi Kasus Minibus Kapasitas 26 Tempat Duduk Rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas). Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Angkutan umum di pedesaan mulai berkurang peminatnya yang berakibat pada minimnya penghasilan pengusaha angkutan umum sehingga dapat memperburuk kinerja angkutan yang sudah ada. Pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas terdapat angkutan jenis Minibus PO. DADI AGUNG kapasitas 26 tempat duduk yang masih beroperasi dan memiliki ijin resmi trayek dari Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten. Meskipun angkutan ini memiliki nilai load factor yang relative kecil tapi keberadaanya masih tetap bertahan, hal ini berate bahwa angkutan ini masih dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai kinerja angkutan tersebut dan membandingkanya dengan persepsi pengguna. Penelitian dilakukan terhadap angkutan pedesaan minibus PO. DADI AGUNG kapasitas 26 tempat duduk pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas. Pengukuran kinerja dilakukan dengan metode survai pengukuran langsung di lapangan. Parameter pengukuran kinerja adalah terhadap load factor, headway, waktu tunggu penumpang, kecepatan perjalanan, waktu perjalanan. Pengukuran persepsi terhadap pengguna dilakukan dengan metode kuisioner dengan skala Lickert. Survei dilakukan pada hari libur dan hari kerja. Hasil penelitian didapatkan load factor belum memenuhi standar yaitu = 21,12 % , Headway melebihi standar yaitu = 52.04 menit , waktu tunggu penumpang belum memenuhi standar yaitu = 26,21 menit , waktu perjalanan telah memenuhi standar yaitu = 55,37 menit , kecepatan perjalanan persegmen = 27,37 km/jam dan kecepatan perjalanan telah memenuhi standar yaitu = 27,64 km/jam. Persepsi pengguna terhadap kinerja diperoleh: Ketersediaan tempat duduk baik (nilai 3,67), waktu tunggu penumpang baik (nilai 3,6), lama perjalanan baik (nilai 3,53), kecepatan perjalanan baik (nilai 3,6) Pengukuran penilaian persepsi menggunakan skala Lickert. Kata kunci : Angkutan Pedesaan, Kinerja, Persepsi Pengguna

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 30 Mar 2017 08:24
    Last Modified: 30 Mar 2017 08:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32815

    Actions (login required)

    View Item