MODEL EPIDEMI DISCRETE TIME MARKOV CHAIN (DTMC) SUSCEPTIBLE INFECTED SUSCEPTIBLE (SIS) DUA PENYAKIT DAN PENERAPANNYA PADA POLA INVESTASI

WICAKSONO, SATRIO (2017) MODEL EPIDEMI DISCRETE TIME MARKOV CHAIN (DTMC) SUSCEPTIBLE INFECTED SUSCEPTIBLE (SIS) DUA PENYAKIT DAN PENERAPANNYA PADA POLA INVESTASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2725Kb)

    Abstract

    Pola penyebaran penyakit menular dengan karakteristik individu yang telah sembuh dapat terinfeksi penyakit kembali karena tidak memiliki kekebalan tubuh permanen dapat disajikan dalam model epidemi susceptible infected susceptible (SIS). Model epidemi SIS yang perubahan banyaknya individu pada kelompok S dan I mengikuti proses Markov waktu diskrit disebut dengan model discrete time Markov chain (DTMC)SIS. Model epidemi DTMC SIS dapat diterapkan pada satu atau lebih penyakit yang menyebar, sehingga model epidemi DTMC SIS dapat dikembangkan untuk dua penyakit. Tujuan penelitian ini adalah menurunkan ulang model DTMC SIS dua penyakit, menganalogikan model tersebut dalam bidang investasi, menerapkan dan menyimulasikan dalam bidang investasi. Model DTMC SIS dua penyakit berupa probabilitas transisi. Model ini dianalogikan pada kegiatan investasi karena terdapat kesamaan proses dan variabel yang berpengaruh. Penerapan model DTMC SIS dua jenis investasi dilakukan dengan contoh kegiatan investasi. Kemudian model tersebut disimulasikan dengan mengambil besarnya laju interaksi kedua jenis investasi yang berbeda. Hasil simulasi menunjukkan bahwa jenis investasi yang memiliki laju interaksi lebih besar cenderung lebih diminati oleh para pengusaha untuk berinvestasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 31 Mar 2017 09:48
    Last Modified: 31 Mar 2017 09:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32812

    Actions (login required)

    View Item