Meningkatkan Hasil Belajar Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SDLB Negeri Surakarta Melaluai Aktivitas Akuatik Tahun Ajaran 2016/2017

KUSUMANINGRUM, AFINA ZAKIAH (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SDLB Negeri Surakarta Melaluai Aktivitas Akuatik Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (189Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Afina Zakiah Kusumanigrum. K5610004. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SDLB NEGERI SURAKARTA MELALUI AKTIVITAS AKUATIK TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatkan hasil belajar kempuan motorik kasar para anak tunagrahita ringan kelas V SDLB Surakarta, Tahun Ajaran 2016/2017 melalui dilatih aktivitas akuatik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDLB Surakarta yang berjumlah 5 orang siswa Sumber data berasal dari guru,siswa, kepala sekolah dan orangtua. Teknik pengumpulan data adalah dengan hasil tes dan pengukuran, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang didasarkan pada analisis berdasarkan target akhir pencapaian. Prosedur penelitian adalah model spiral putaran sebuah siklus kegiatan bentuk tindakan dijelsakan dalam bentuk siklus seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui aktivitas akuatik dapat meningkatkan hasil belajar motorik kasar siswa dari sebelum pelaksananan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Untuk peningkatan hasil motorik kasar dengan menggunakan pembelajaran aktivitas akuatik yang di rancang mengunakan pendekatan pembelajaran tematik yang merupakan pengembangan dari kurikulum upaya pendalamanya setiap tema disesuaikan dengan kondisi masing-masing siswa dan tingkat pengembangan pisikologi serta pengalaman dalam proses pembelajaran.Peningkatan terjadi pada siklus I. Hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Dari analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar Siklus I rata-rata meningkat sebesar 80% dari Siswa 5 pencapaian ketuntasan di Siklus II 100 % atau Siswa telah mencapai ketuntasan KKM 75 Simpulan penelitian ini adalah melalui akativitas akuatik terjadi peningkatkan hasil belajar Motorik kasar siswa Kelas V SDLB Surakarta, Tahun Ajaran 2016/2017 Kata Kunci : Kemampuan Motorik Kasar, Aktivitas Akuatik, Hasil Belajar, Tunagrahita

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 30 Mar 2017 06:40
    Last Modified: 30 Mar 2017 06:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32811

    Actions (login required)

    View Item