EVALUASI PEMELIHARAAN DAN REHABILITASI JALAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BENKELMAN BEAM (BB) DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG (Studi Kasus: Ruas Jalan Batas Kota Pangkalpinang-Tanjung Kelian)

Setianingsih, Ade Irma (2017) EVALUASI PEMELIHARAAN DAN REHABILITASI JALAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BENKELMAN BEAM (BB) DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG (Studi Kasus: Ruas Jalan Batas Kota Pangkalpinang-Tanjung Kelian). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (348Kb)

    Abstract

    Ade Irma Setianingsih, 2016. Evaluasi Pemeliharaan dan Rehabilitasi Jalan Nasioanl Menggunakan Metode International Roughness Index (IRI) dan Benkelman Beam (BB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.Pembimbing I: Ir. Ary Setyawan, M.Sc.(Eng), Ph.d. Pembimbing II: Dr. Senot Sangadji, ST.,MT. Tesis Magister Teknik Sipil, Minat Utama Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur. Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. ABSTRAK Kebijakan pembangunan sektor jalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih menekankan pada pemerataan pembangunan, yaitu membuka daerah baru yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan industri potensi kelautan dan wisata pantai yang berdampak pada anggaran pembangunan dipergunakan untuk membangun jalan baru. Hal ini menyebabkan anggaran yang disediakan guna pemeliharaan jalan menjadi sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi perkerasan jalan secara fungsional dan struktural, pertumbuhan kepadatan lalu lintas dan ketersediaan biaya pemeliharaan jalan. Kemudian menganalisis pengaruh kondisi jalan, kepadatan lalu lintas dan biaya pemeliharaan jalan terhadap jenis penanganan pemeliharaan jalan. Hasil analisis tersebut dibandingkan dengan hasil penanganan pemeliharaan jalan yang dicapai oleh SKPD-TP Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Evaluasi kondisi perkerasan yaitu penilaian kondisi perkerasan secara visual menggunakan metode International Roughness Index (IRI), penilaian kondisi perkerasan secara fungsional dengan metode lendutan menggunakan data pengujian alat Benkelman Beam (BB) dan beban lalu lintas aktual. Nilai IRI, lendutan dan pertumbuhan lalu lintas yang diperoleh dari tahun 2011-2015 selanjutnya dibuat model regresinya untuk mendapatkan hubungan (korelasi) dan koefisien korelasinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan anggaran yang relatif sama besarnya dari tahun 2011 hingga 2015, memberikan prioritas pemeliharaan terhadap jalan dengan kondisi baik mampu menyediakan jalan dengan kondisi mantap 100%. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah penanganan jalan dengan kondisi baik yang mencerminkan bahwa tindakan preventif memberikan hasil maksimal dengan biaya penanganan yang sama. Kata kunci: International Roughness Index (IRI), Benkeman Beam(BB), Lendutan, Pemeliharaan jalan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 30 Mar 2017 06:37
    Last Modified: 30 Mar 2017 06:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32810

    Actions (login required)

    View Item