ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah di Wilayah Ekonomi Sulawesi dan Papua-Kepulauan Maluku Tahun 2015

UTAMI, RIZKIATI WAHYU (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah di Wilayah Ekonomi Sulawesi dan Papua-Kepulauan Maluku Tahun 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (515Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi PAD terhadap total pendapatan, umur pemerintahan, belanja pemerintah daerah serta kualitas pengguna laporan keuangan terhadap tingkat pengungkapan LKPD. Sampel penelitian diperoleh dengan metode purposive sampling. Terdapat 118 LKPD Kabupaten/Kota di wilayah ekonomi Sulawesi dan Papua-Kepulauan Maluku Tahun 2015 yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pengungkapan LKPD sebesar 54.38%. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa kontribusi PAD terhadap total pendapatan daerah berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan LKPD Kabupaten/Kota wilayah ekonomi Sulawesi dan Papua-Kepulauan Maluku. Variabel lainnya yang terdiri dari umur pemerintahan, belanja pemerintah daerah serta kualitas pengguna laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan LKPD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Mar 2017 00:05
    Last Modified: 30 Mar 2017 00:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32804

    Actions (login required)

    View Item