Pengembangan Model Pengukuran Efisiensi Strategi Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis

ASTUTI, RINA WIJI (2017) Pengembangan Model Pengukuran Efisiensi Strategi Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (203Kb)

    Abstract

    Strategi komersialisasi merupakan kegiatan penentuan tujuan dan cara suatu kantor layanan transfer teknologi (TTO) dalam membawa hasil riset potensial ke dalam suatu kegiatan produksi atau konsumsi. Dalam melakukan pengukuran strategi diperlukan variabel-variabel yang tepat untuk dapat memperoleh nilai efisiensi. Pada penelitian ini dikembangkan suatu model yang dapat digunakan untuk mengukur efisiensi strategi komersialisasi perguruan tinggi menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) berbasis Banker, Charnes, dan Cooper (BCC) orientasi output. Kerangka model ini disusun berdasarkan kajian literatur dan didapatkan lima strategi input yaitu fasilitas fisik, mentoring dan coaching, pemasaran dan jejaring bisnis, aspek keuangan dan peraturan interal perguruan tinggi serta diusulkan lima luaran yaitu produk yang laku di pasaran dengan merek institusi, perusahaan pemula berbasis teknologi, joint venture, lisensi dan penyerapan tenaga kerja. Uji coba model ini menggunakan Decision Making Unit (DMU) berupa kantor layanan transfer teknologi pada 4 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum di Indonesia yang merepresentasikan 25 DMU menunjukkan bahwa terdapat 20 DMU efisien. Dari analisis 20 DMU efisien dapat digunakan untuk menentukan prioritas kebijakan dalam upaya peningkatan efisiensi strategi komersialisasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 29 Mar 2017 23:57
    Last Modified: 29 Mar 2017 23:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32801

    Actions (login required)

    View Item