UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PAMUGAR, IKSAN (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gondangrejo tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas persiapan, perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gondangrejo yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 6 siswa putra dan 24 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan yang signifikan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pre tes hasil belajar guling depan siswa sebesar 26,67%, pada siklus I meningkat menjadi 63,33% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 93,33%. Hasil pada siklus 2 sudah mencapai target yang diharapkan peneliti yaitu 90%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah dilakukan penerapan model pembelajaranTAI (Team Asiisted Individualization). Pelaksanaan siklus II dengan menambah modifikasi media pembelajaran dan kompetisi menyebabkan hasil belajar guling depan meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil guling depan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gopndangrejo tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil Belajar Guling depan, Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 29 Mar 2017 21:16
    Last Modified: 29 Mar 2017 21:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32770

    Actions (login required)

    View Item