PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (Intelligence Quotient-IQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

MAULANA, AHMAD (2017) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (Intelligence Quotient-IQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (923Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi; (2) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi; dan (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 189 siswa. Sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sejumlah 128 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada variabel kecerdasan intelektual dan prestasi belajar adalah dokumentasi sedangkan angket digunakan pada variabel motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji prsyarat analisis yang digunakan adalah normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan (1) kecerdasan intelektual dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (Fhit = 77,733 > Ftab = 3,068 pada taraf signifikansi 5%), (2) kecerdasan intelektual mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (thit = 11,101 > ttab = 1,979 pada taraf signifikansi 5%), dan (3) motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (thit = 5,614 > ttab = 1,979 pada taraf signifikansi 5%). Sementara pada adjust R square, 54,7% prestasi belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar. Selanjutnya sisanya 45,3% dijelaskan sebab-sebab lain di luar model ini. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual (Intelligence Quotient-IQ), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 29 Mar 2017 20:10
    Last Modified: 29 Mar 2017 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32760

    Actions (login required)

    View Item