Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Chem-Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X8 Semester Genap SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

P., YULIYANTI HANA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Chem-Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X8 Semester Genap SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1476Kb)

    Abstract

    Yuliyanti Hana Pertiwi. K3312076. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN CHEM-PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X8 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori siswa; (2) prestasi belajar siswa kelas X8 semester genap SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok Hidrokarbon dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Chem-Puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X8 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Chem-Puzzle dapat meningkatkan: (1) kemampuan memori siswa pada materi pokok Hidrokarbon. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa dengan kemampuan memori tinggi pada siklus I sebesar 51,4% menjadi 68,6% pada siklus II; (2) prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrokarbon. Peningkatan prestasi belajar aspek kognitif meningkat dari 42,9% pada siklus I menjadi 77,1% pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 100%. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), kemampuan memori, prestasi belajar, Chem-Puzzle, Hidrokarbon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 29 Mar 2017 17:35
    Last Modified: 29 Mar 2017 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32754

    Actions (login required)

    View Item