Pengembangan Model Persediaan Pemasok-Pembeli dengan Mempertimbangkan Kurva Belajar, Price Dependent Demand dan Biaya Emisi Karbon

Angraini, Yuliyani Nur (2017) Pengembangan Model Persediaan Pemasok-Pembeli dengan Mempertimbangkan Kurva Belajar, Price Dependent Demand dan Biaya Emisi Karbon. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengembangkan sebuah model persediaan terintegrasi antara pemasok tunggal dan pembeli tunggal. Mekanisme sistem operasi terdiri dari pemasok yang merupakan produsen dan pembeli yang merupakan distributor yang menjual produknya sesuai dengan permintaan dari konsumen akhir. Di dalam model diasumsikan bahwa permintaan konsumen akhir merupakan fungsi dari harga jual pembeli. Terdapat kurva belajar dimana dalam memproduksi produk, kecepatan produksi pemasok semakin lama semakin bertambah, walaupun tingkat permintaan tetap. Setelah produk datang ke pembeli, kemudian dilakukan inspeksi. Kesalahan inspeksi terjadi ketika inspektur salah mengklasifikasikan produk cacat sebagai produk baik atau produk baik sebagai cacat. Produk yang dikategorikan cacat akan dikembalikan ke pemasok untuk dilakukan rework. Biaya emisi karbon dibebankan untuk proses pengiriman oleh pemasok dan pengembalian oleh pembeli. Sebuah model matematis dihasilkan dengan fungsi tujuan memaksimalkan total keuntungan gabungan antara pemasok dan pembeli yang didapatkan melalui optimasi nilai variabel keputusan ukuran lot pengiriman (Q), jumlah pengiriman (n) dan harga jual pembeli (p). Contoh numerik juga diberikan sebagai ilustrasi dari model. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa parameter b dan β berpengaruh signifikan terhadap total keuntungan gabungan. Dengan dipertimbangkannya jenis kendaraan ke dalam model persediaan dapat menghasilkan solusi optimal yang berbeda. Selain itu, dengan mempertimbangkan semua aspek yang dibahas dalam pengambilan keputusan persediaan menghasilkan optimalitas paling seimbang dari sisi keuntungan masing-masing pihak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 29 Mar 2017 17:31
    Last Modified: 29 Mar 2017 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32753

    Actions (login required)

    View Item