Inferensi Fuzzy dan Model Logistik dalam Pertumbuhan Peringkat Universitas Versi Webometrics

ARDILLAH, NURY (2017) Inferensi Fuzzy dan Model Logistik dalam Pertumbuhan Peringkat Universitas Versi Webometrics. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (320Kb)

    Abstract

    Penilaian universitas didasari dengan menilai empat komponen yaitu capital (sumber daya manusia), penelitian, koneksi internasional, dan reputasi (akademik dan ketenaga kerjaan). Lembaga pemeringkatan Webometrics mengukur empat komponen tersebut melalui transaksi informasi website universitas. Tujuan penelitian ini adalah memodelkan pertumbuhan peringkat universitas pada setiap waktu t yang dinotasikan dengan W(t) menggunakan model logistik. Inferensi fuzzy digunakan untuk menentukan daya dukung lingkungan (K) dengan mengategorikan peringkat universitas menjadi 7 kategori yaitu sangat tinggi (ST), tinggi (T), cukup tingi (CT), sedang (S), cukup rendah (CR), rendah (R), dan sangat rendah (SR). Pola pertumbuhan peringkat universitas merupakan penyelesaian model logistik dalam pertumbuhan peringkat universitas. Kesetimbangan model tersebut terjadi pada saat W(t) = 0 dan W(t) = K dimana kesetimbangan peringkat pada saat W(t) = K merupakan batas daya dukung Webometrics. Simulasi dilakukan pada empat universitas di Indonesia yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pertumbuhan pada masing-masing universitas terjadi secara logistik karena peningkatan empat komponen penilaian universitas juga berjalan secara logistik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:52
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32747

    Actions (login required)

    View Item