PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH BERDASARKAN ASAS-ASAS PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN YANG BAIK (Studi Tentang Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kabupaten Ngawi)

P, HENDRA SETYADI K (2017) PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH BERDASARKAN ASAS-ASAS PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN YANG BAIK (Studi Tentang Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kabupaten Ngawi). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (305Kb)

    Abstract

    Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian asas-asas pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, serta menemukan kendala-kendala implementasinya kemudian menemukan model pembentukan Peraturan Daerah yang baik. Penelitian hukum ini termasuk jenis penelitian hukum doktrinal dan non doktrinal yang bersifat preskriptif. Bahan hukum yang digunakan pada penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka, teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode deduksi yang dilakukan dengan menggunakan interpretasi sistematis. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa asas yang belum sesuai di dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum, yaitu asas kejelasan tujuan (Het Beginsel Van Duidelijke Doelstelling), asas kedayagunaan/kehasilgunaan dan asas kejelasan rumusan. Pada tahap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum ini terdapat beberapa kendala diantaranya isi kandungan materi muatan Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum ini tidak mencerminkan asas kepastian hukum dan kurangnya budaya tertib masyarakat Kabupaten Ngawi atas pemberlakuan Peraturan Daerah tersebut menimbulkan kekacauan pelayanan di sektor parkir ditepi jalan umum Kabupaten Ngawi. Hal ini terjadi dikarenakan pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum ini tidak disertai dengan Naskah Akademik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi agar lebih baik dalam menyusun Peraturan Daerah demi terwujudnya keadilan dan kepastian hukum. Kata kunci: Asas-asas, Pembentukan, Peraturan Daerah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:50
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32745

    Actions (login required)

    View Item