Kajian Aspek-askpek Hukum Internasional dan Hukum Nasional dari Cross-border Insolvency dalam Rangka Menggagas Pembentukan Aturan Cross-border Insolvency di ASEAN

K, PRAMESTHI DINAR (2017) Kajian Aspek-askpek Hukum Internasional dan Hukum Nasional dari Cross-border Insolvency dalam Rangka Menggagas Pembentukan Aturan Cross-border Insolvency di ASEAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (911Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aspek-aspek hukum baik dari segi Hukum Internasional maupun Hukum Nasional dari Cross-Border Insolvency atau kepailitan lintas batas dalam upaya mengusulkan pembentukan aturan mengenai kepailitan lintas batas di wilayah ASEAN. Sejalan dengan cita-cita ekonomi terintregasi di ASEAN yang dimulai dengan diberlakukannya ASEAN Economic Community pada tahun 2015. Disisi lain ekonomi terintegrasi juga menimbulkan resiko kepailitan lintas batas di ASEAN karena tingkat investasi antar negara ASEAN yang terus meningkat tinggi tanpa diimbangi aturan yang memadai di ASEAN. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan mekakukan penelitian terhadap data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan aturan kepailitan lintas batas sudah seharusnya menjadi perhatian negara anggota ASEAN. Namun, terdapat beberapa kendala temasuk perbedaan hukum di antara negara-negara anggota. Tidak adanya kepastian hukum yang memadai ketika terjadi kepailitan lintas batas juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Penerapan model law yang telah diajukan oleh UNCITRAL kedalam hukum nasional masing-masing dapat menjadi solusi yang paling baik saat ini. Selain tentunya harus ada kesadaran masing-masing negara untuk saling menghormati putusan kepailitan asing dari keputusan pailit lintas negara tersebut. Kata Kunci : Integrasi Ekonomi, Cross-border Insolvecy, Model Law, Hukum Internasional, Hukum Nasional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:49
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32744

    Actions (login required)

    View Item