ANALISA PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING DAN PENAMBAHAN SILIKON PADA PADUAN Al-Si REMELTING VELG SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIS

SEPTIADI, ANDI (2017) ANALISA PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING DAN PENAMBAHAN SILIKON PADA PADUAN Al-Si REMELTING VELG SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    Alumunium memiliki sifat yang ringan, ketahanan korosi yang tinggi, densitas yang rendah, dapat dibentuk dengan baik, dan memiliki daya konduktivitas yang tinggi baik konduktivitas panas maupun listrik. Proses remelting sering mengalami kecacatan (porositas) dan remelting juga mempunyai kelemahan yaitu kemampuan material menurun seiring dengan perlakuan remelting yang dilakukan. Penambahan silikon pada material remelting bertujuan untuk memperbaiki sifatnya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan silikon yang kemudian di quenching dengan variasi media pendingin. Bahan yang digunakan berupa Alumunium-Silikon (Al-Si) dari limbah velg sepeda motor. Proses pengecoran menggunakan metode sand casting. Komposisi remelting Al-Si ditambah silikon dengan penambahan silikon (Si) 2%, 4%, dan 6%. Spesimen dibentuk sesuai standar JIS Z 2202 untuk uji kekuatan tarik. Perlakuan panas dilakukan pada spesimen dengan temperatur 520oC selama 1 jam kemudian di quenching pada media pendingin air dan oli. Pengujian yang dilakukan yaitu uji komposisi, uji tarik, uji kekerasan dan struktur mikro. Pengujian struktur mikro pada material yang sudah mengalami heat treatment terlihat homogen dan unsur silikon menyebar merata pada aluminum. Hasil pengujian kekuatan tarik dan kekerasan menunjukkan nilai rata-ratanya meningkat seiring dengan penambahan silikon dan dengan perlakuan quenching. Pengujian kekuatan tarik dan kekerasan pada spesimen dengan media pendingin air mempunyai nilai lebih baik dibanding dengan media pendingin oli SAE 40.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:47
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32743

    Actions (login required)

    View Item