REPRESENTASI GAYA HIDUP DALAM FASHION REMAJA LAKI – LAKI (Analisis Semiotika Sampul Majalah Nylon Guys Indonesia Periode Desember 2013 – Nopember 2015)

WIDIYATNO, NUR TRI (2017) REPRESENTASI GAYA HIDUP DALAM FASHION REMAJA LAKI – LAKI (Analisis Semiotika Sampul Majalah Nylon Guys Indonesia Periode Desember 2013 – Nopember 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (467Kb)

    Abstract

    NUR TRI WIDIYATNO, D1214060, PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI NON REGULER, REPRESENTASI GAYA HIDUP DALAM FASHION REMAJA LAKI – LAKI (Analisis semiotika Sampul Majalah Nylon Guys Indonesia Periode Desember 2013 – Nopember 2015). Gaya hidup menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari dunia remaja yang terus berkembang dan bergerak dinamis zaman saat ini. Remaja kebanyakan menggunakan gagasan tentang gaya hidup untuk menggambarkan tindakannya sendiri. Inilah alasan mengapa media dalam hal ini majalah yang mempunyai segmentasi remaja laki – laki merasa perlu untuk memberikan informasi soal gaya hidup ini. Dan majalah Nylon Guys Indonesia merupakan salah satu majalah yang membawa informasi soal gaya hidup ini ditengah remaja laki – laki, yang menjadikan penulis tertarik untuk mengkajinya lebih dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna – makna apa yang terkandung pada sampul majalah Nylon Guys indonesia dalam menginformasikan mengenai gaya hidup remaja laki – laki. Jenis penelitian ini bersifat interaksionisme simbolik. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi – referensi ilmiah. Metode penelitian ini adalah metode analisis semiotik. Metode untuk menganalisis dan memberikan makna – makna terhadap simbol yang terdapat pada suatu pesan atau teks. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer; data diperoleh dari sampul majalah Nylon Guys Indonesia. Jenis data sekunder; data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis semiotik Roland Barthes. Objek penelitian penelitian ini adalah Sampul Majalah Nylon Guys Indonesia Desember 2013 – Nopember 2015 yang akan dibahas tanda komunikasi yang mendukung terbentuknya makna sampul majalah tersebut, sehingga akan diperoleh makna denotasi dan konotasi dari hubungannya keduanya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa sampul majalah Nylon Guys Indonesia Desember 2013 – Nopember 2015 yang digunakan sebagai korpus untuk menginformasikan gaya hidup remaja laki – laki adalah pada elemen sampul majalah seperti ilustrasi visual dan teks. Makna yang bisa dibangun atas lambang – lambang tersebut adalah gaya hidup remaja laki – laki yang banyak diwujudkan dengan aktifitas pengembangan diri, penampilan trendi, serta lekat dengan dunia hiburan, keterbukaan dan citra modern. Kata kunci: deskriptif kualitatif, gaya hidup fashion, majalah, representasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:25
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32737

    Actions (login required)

    View Item