Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Motivation Model pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Karanganyar

MENTARI, DYAH AYU (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Motivation Model pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Karanganyar. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (378Kb)

    Abstract

    menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas sesuai dengan perkembangan teknologi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis validitas prototipe media Pembelajaran berbasis ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Motivation Model pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI SMK Negeri 1 Karanganyar; 2) Mengetahui efektivitas media Pembelajaran berbasis ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Motivation Model pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Metodologi penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK N 1 Karanganyar Bidang Keahlian Bisnis Manajemen yang berjumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 146 siswa untuk uji coba terbatas, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan angket dan lembar observasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Media pembelajaran berbasis ARCS dinyatakan valid digunakan menurut ahli materi dengan persentase 82,05 % kategori baik, menurut ahli media dengan persentase 81,63 % kategori baik, menurut praktisi dengan persentase 98% kategori sangat baik. Hasil analisis uji keefektifan menggunakan software IBM SPSS 17 dengan rumus uji t-test, nilai thitung yang didapatkan dari posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 3,461 dengan nilai ttabel adalah 1,99 karena thitung > ttabel yang berarti peningkatan nilai hasil belajar prakarya dan kewirausahaan kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Selanjutnya, didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,001 < α (0,05) yang menunjukkan bahwa H1 diterima berarti kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ARCS lebih meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaaan siswa dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis ARCS. Ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 14,45 lebih tinggi dari pada peningkatan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 0,69. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis ARCS layak digunakan untuk pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dan media pembelajaran berbasis ARCS efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 Mar 2017 13:10
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32726

    Actions (login required)

    View Item