EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI READING COMPREHENSION SISWA SMK KELAS X TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SE-KOTAMADYA BANJARMASIN

RAMADANI, AHMAD (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DITINJAU DARI READING COMPREHENSION SISWA SMK KELAS X TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SE-KOTAMADYA BANJARMASIN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1732Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa yang dikenakan model pembelajaran LC7E, PBL, atau langsung, (2) manakah yang mempunyai pretasi belajar lebih baik, siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang. atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang. atau rendah, dan (4) pada masing-masing kategori reading comprehension, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran pembelajaran LC7E, PBL, atau langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kotamadya Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 299 siswa, yang diambil secara sratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan reading comprehension. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Jika dalam pengujian hipotesis, ada hipotesis yang ditolak maka dilanjutkan dengan uji komparasi ganda. Uji Komparasi ganda menggunakan uji Scheffe’. Hasil pengujian hipotesis memberikan kesimpulan: (1) siswa yang dikenai model pembelajaran LC7E mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa dikenai model pembelajaran PBL dan langsung. Siswa dikenai model pembelajaran PBL mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan reading comprehension tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan reading comprehension sedang maupun rendah. Siswa dengan reading comprehension sedang mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan siswa dengan reading comprehension rendah, (3) pada model pembelajaran LC7E, PBL dan langsung, siswa dengan reading comprehension tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan reading comprehension sedang maupun rendah sedangkan siswa dengan reading comprehension sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik jika dibandingkan siswa dengan reading comprehension rendah, (4) pada siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang dan rendah, prestasi belajar siswa yang dikenakan model pembelajaran LC7E mempunyai prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang dikenakan model pembelajaran PBL dan langsung. Siswa yang dikenakan model pembelajaran PBL mempunyai prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 29 Mar 2017 12:12
    Last Modified: 29 Mar 2017 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32717

    Actions (login required)

    View Item