ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

WAHYUDI, NANANG (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (283Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nanang Wahyudi. K1312048. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi,Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas MaretSurakarta,Februari 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman; (2) Mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan awal sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman; (3) Mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan awal rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Yang menjadi informan adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak. Pengolahan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi waktu. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi empat komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa siswa dengan kemampuan awal tinggi melakukan kesalahan proses penyelesaian dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman. Kemudian, siswa dengan kemampuan awal sedang melakukan kesalahan proses penyelesaian dan penulisan jawaban akhir dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal rendah melakukan kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan penulisan jawaban akhir dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan analisis kesalahan Newman. Kata Kunci: Analisis kesalahan siswa, SPLTV, kemampuan awal, analisis kesalahan Newman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 28 Mar 2017 03:56
    Last Modified: 28 Mar 2017 03:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32683

    Actions (login required)

    View Item