Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Bermukim Berdasarkan Persepsi Penghuni Perumahan Formal di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta

FADILLA, FACHRUL (2017) Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Bermukim Berdasarkan Persepsi Penghuni Perumahan Formal di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (399Kb)

    Abstract

    Kota Surakarta merupakan kota besar yang memiliki kecenderungan dengan tingkat pertumbuhan yang tergolong cepat. Salah satunya pada Kelurahan Mojosongo yang direncanakan sebagai pusat permukiman baru pada Kota Surakarta. Keadaan permukiman di Kelurahan Mojosongo mengalami kenaikan lahan permukiman sebesar 2,65% dan total jumlah penduduk yang meningkat 24,8% dengan data yang diambil pada tahun 2010 sampai 2013, sehingga untuk kebutuhan perumahan masih belum tercukupi. Perencanaan pembangunan kawasan perumahan formal menjadi alternatif dalam menangani kebutuhan perumahan di kelurahan Mojosongo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor dominan apa yang mempengaruhi preferensi bermukim penghuni perumahan formal di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta? Untuk memenuhi kebutuhan perumahan dibutuhkan pendekatan partisipatif bagi para penduduk untuk bagaimana mereka memilih permukiman yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui preferensi bermukim penghuni perumahan formal di Kelurahan Mojosongo, serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Pendekatan penelitian ini adalah deduktif karena menguji teori-teori yang berasal dari literatur menggunakan variabel terpilih yang sudah ditentukan dengan jenis penelitian yang dipadukan dengan deskriptif kuantitatif. Pengaruh setiap variabel kemudian dibagi menjadi variabel terikat dan variabel bebas dengan metode analisis berupa regresi linear berganda dan uji korelasi untuk melihat kontribusi tiap faktor yang sudah tereduksi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan faktor dominan yang mempengaruhi preferensi bermukim penghuni perumahan formal. Rekomendasi penelitian ini pada bidang perencanaan adalah pengembangan pembangunan perumahan formal yang sesuai dengan faktor yang mempengaruhinya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 27 Mar 2017 20:24
    Last Modified: 27 Mar 2017 20:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32675

    Actions (login required)

    View Item