PENGARUH PEMBELAJARAN PEMASARAN MELALUI UNIT PRODUKSI, KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK DI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURHIDAYATI, PRIHATIN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PEMASARAN MELALUI UNIT PRODUKSI, KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK DI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (290Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pemasaran melalui unit produksi terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pemasaran melalui unit produksi, kreativitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Studi Pemasaran di SMK Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 yang diambil dari 50% jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling random proporsional (proportional random sampling). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pembelajaran pemasaran melalui unit produksi terhadap prestasi siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 4,665 dan p-value = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti semakin baik pembelajaran pemasaran melalui unit produksi maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif pemasaran. 2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,542 dan p-value = 0,001 < 0,05. Hal ini berarti semakin tinggi kreativitas belajar siswa maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif pemasaran. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,963 dan p-value = 0,004 < 0,05. Hal ini berarti semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif pemasaran. 4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pembelajaran pemasaran melalui unit produksi, kreativitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK di Kabupaten Karanganyar. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung (Fregresi) adalah 55,413 dan p-value = 0,000 < 0,05. Artinya variabel pembelajaran pemasaran melalui unit produksi, kreativitas belajar dan kemandirian belajar dapat digunakan sebagai predictor untuk memprediksi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif pemasaran. Kaya Kunci: Pembelajaran Pemasaran Produksi, Kreativitas, Kemandirian, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 27 Mar 2017 20:21
    Last Modified: 27 Mar 2017 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32674

    Actions (login required)

    View Item