TAKTIK IMPRESSION MANAGEMENT SANDIAGA UNO MELALUI AKUN INSTAGRAM @SANDIUNO (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno Periode 21 Agustus–21 Oktober 2016 untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2017)

SATRIO, MUH. NANDA (2017) TAKTIK IMPRESSION MANAGEMENT SANDIAGA UNO MELALUI AKUN INSTAGRAM @SANDIUNO (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno Periode 21 Agustus–21 Oktober 2016 untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (425Kb)

    Abstract

    Muhammad Nanda Satrio, D0212073, TAKTIK IMPRESSION MANAGEMENT SANDIAGA UNO MELALUI AKUN INSTAGRAM @SANDIUNO (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno Periode 21 Agustus 2016 – 21 Oktober 2016 Untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2017) Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Januari 2017. Menejamen kesan merupakan suatu upaya untuk menciptakan kesan tertentu kepada lawan bicaranya. Kesan-kesan itu diciptakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Impression management awalnya dikembangkan oleh Goffman (1959). Dia mengatakan bahwa dalam pengelolaan kesan manusia memiliki dua sisi yaitu front stage dan back stage. Front stage adalah sisi yang diciptakan dan diperlihatkan ke khalayak, sedangkan back stage merupakan sisi pribadi yang tidak akan diperlihatkan di depan khalayak. Pada tahun 1982 Jones dan Pittman (1982) mengembamgkan teori manajemen kesan menjadi alat ukur lima klasifikasi taktik, yaitu ingratiation, self-promotion, exemplification, intimidation dan supplication. Manajemen kesan bisa dilakukan oleh siapa aja melalui apa saja. Seperti tokoh politik melalui media sosial Instagram. Dengan membuat kesan melalui foto-foto yang diunggah dalam akunnya, dia melakukan manajemen kesan untuk mendapatkan kepercayaan dan dukungan. Secara tidak langsung manajemen kesan yang dilakukannya termasuk dalam strategi public relation politics. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa penggunaan taktik manajemen kesan yang dilakukan Sandiaga Uno pada akun Instagram (@sandiuno). Sandiaga Uno merupakan pengusaha yang akan maju ke Pilkada DKI Jakarta 2017 bersama Anies Baswedan. Kapasitasnya untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta masih sering dipertanyakan oleh publik karena dalam dunia politik namanya belum pernah terdengar. Oleh karna itu dia akan menggunakan manajemen kesan untuk mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif R. Holsti (2005) untuk menganalisa postingan foto Sandiaga Uno pada periode 21 Agustus–21 Oktober 2016. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahawa Sandiaga Uno menggunakan empat dari lima taktik manajemen kesan. Dalam postingannya diketahui bahwa Sandiaga Uno paling banyak menggunakan taktik manajemen kesan ingratiation, kemudian ada beberapa taktik yang juga digunakan Sandiaga Uno seperti Self-Promotion, Supplication, dan exemplification. Hal ini menandakan bahwa tokoh politik seperti calon wakil gubernur masih mengedepankan politik citra untuk mendapatkan dukungan. Kata Kunci: Impression management, public relation politics, Instagram, analisi isi, Sandiaga Uno.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 27 Mar 2017 20:16
    Last Modified: 27 Mar 2017 20:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32672

    Actions (login required)

    View Item