PERILAKU BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

, SUGIMIN (2017) PERILAKU BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (139Kb)

    Abstract

    ABSTRAK SUGIMIN. S250908010. Perilaku Belajar Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun Pelajaran 2015/2016 ( Kajian Fenomenologi Perilaku Belajar Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Belajar SMA N 1 Jeruklegi Tahun Pelajaran 2015/2016 dan teori kontruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk mengkaji masalah ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di SMA N 1 Jeruklegi Cilacap. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan documenter. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Interaktif. 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku belajar siswa SMA N 1 Jeruklagi tahun pelajaran 2015/2016 adalah siswa berperilaku baik dalam belajar atau dapat mengikuti proses belajar dalam sekolah maupun setelah di luar sekolah yang dipengaruhi oleh faktor realitas objektif yang dimiliki siswa. Faktor realitas subjektif siswa lebih mendominasi konstruksi perilaku belajar siswa. Hal ini mempertegas hasil penelitian bahwa siswa termotivasi dan bersinergi apa yang dirasakan seperti kenyamanan dari keluarga walaupun bukan dari keluarga baik secara ekonomi, secara modal sosial, dan kepercayaan sosialnya di masyarakat siswa tetap mampu berprestasi engan baik. Perilaku siswa dipengaruhi oleh eksternalisasi artinya ruang lingkup siswa seperti masyarakat, norma,tata nilai, adat, agama, sedikit banyak ikut mengkonstruksi perilaku belajar siswa yang ikut menentukan hasil prestasi yang akan dicapainya. Internalisasi merupakan proses yang sangat mempengaruhi dalam mengkonstruksi belajar siswa yaitu segala sesuatu yang diterima dapat memotivasi dan bersinergi dengan proses sosialisasi disemua lini kehidupannya dan menghasilkan prestasi yang maksimal. Dalam penelitian ini peneliti juga menyimpulkan bahwa legitimasi dari semua masyarakat akan memotivasi perilaku belajar siswa dalam kerangka kepuasan terhadap proses belajar yaitu dengan mencapai prestasi yang baik. Karakteristik yang terbentuk adalah siswa baik pada sopan santun dan non akademik dibandingkan respon terhadap proses belajar mengajar. Kata kunci : Eksternalisasi, Internalisasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 15:30
    Last Modified: 27 Mar 2017 15:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32664

    Actions (login required)

    View Item