PERBEDAAN PENGARUH METODE PART WHOLE PART DAN WHOLE PART WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

M, Chairurrahman (2017) PERBEDAAN PENGARUH METODE PART WHOLE PART DAN WHOLE PART WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Chairurrahman Mardianto. PERBEDAAN PENGARUH METODE PART WHOLE PART DAN WHOLE PART WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode part whole part dan whole part whole terhadap hasil belajar passing sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Metode latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode part whole part dan whole part whole terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar TahunPelajaran 2014/2015 yang berjumlah 129 siswa, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data passing sepakbola yang terdiri dari passing bawah dan passing atas. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan pengukuran passing bola menyusur tanah dan passing melambung sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan metode PWP atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 6,8 atau 7,21% dari hasil tes awal 94,24 menjadi 101,03; (2) Kelompok dengan perlakuan metode WPW atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 17,57 atau 18,79% dari hasil tes awal 93,5 menjadi 111,07. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran part whole part dan whole part whole terhadap pencapaian hasil belajar passing sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMP N 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016; (2) Metode pembelajaran whole part whole lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode pembelajaran part whole part terhadap hasil belajar passing sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMP N 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: passing sepakbola, metode part whole part, metode whole part whole.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Mar 2017 15:24
    Last Modified: 27 Mar 2017 15:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32660

    Actions (login required)

    View Item