PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN BOLA MINI DAN BOLA LUNAK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI SMK KRISTEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Sari, Veronicha Diana Maya (2010) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN BOLA MINI DAN BOLA LUNAK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI SMK KRISTEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1199Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran inovatif dengan bola mini dan bola lunak terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMK Kristen Surakarta tahun pelajaran 2010/2011;(2) Pembelajaran inovatif yang lebih baik pengaruhnya antara dengan bola mini dan bola lunak terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMK Kristen Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kristen Surakarta yang berjumlah 162. Sampel yang digunakan berjumlah 32 orang dengan teknik purposive proporsional random sampling. Sampel dibagi dalam 2 kelompok dengan cara matched ordinal pairing. Kelompok 1 sebanyak 16 siswa mendapat perlakuan pembelajaran inovatif passing bawah dengan bola mini dan kelompok 2 sebanyak 16 siswa mendapat perlakuan pembelajaran inovatif passing bawah dengan bola lunak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan passing bawah bolavoli. Teknik analisis dengan rumus t-tes dengan taraf signifikansi 5% dan uji beda prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan :(1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran inovatif dengan bola mini dan bola lunak terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMK Kristen Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Dengan nilai perhitungan hasil tes akhir masing-masimg kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 2.522 lebih besar daripada ttabel sebesar 2.131 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Pembelajaran inovatif dengan bola mini lebih baik pengaruhnya daripada bola lunak terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMK Kristen Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Pembelajaran inovatif dengan bola mini memiliki prosentase peningkatan kemampuan passing bawah sebesar 145.46 %, sedangkan pembelajaran inovatif dengan bola lunak memiliki peningkatan kemampuan passing bawah sebesar 85.29%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 19:45
    Last Modified: 13 Jul 2013 19:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3265

    Actions (login required)

    View Item